3 Macam Perbuatan Buruk (Duccarita) dalam Agama Buddha

Artikel Buddhis. Aktivitas makhluk hidup setiap hari tentunya tidak terlepas segala perbuatan yang telah kita lakukan pada kehidupan lampau maupun akibat yang akan kita terima. Hukum sebab akibat erat sekali dengan ajaran agama Buddha. Beberapa hari lalu Buddhis Media sedikit banyak telah mengupas seputar hukum kamma.

Agama Buddha mengajarkan kepada kita agar kita selalu waspada daam berbuat segala sesuatu. Perbuatan itu dapat kita lakukan melalui 3 saluran yaitu: badan jasmani (kaya), ucapan (vaci), dan pikiran (mano). Melalui ketiga saluran itulah kita dapat berbuat segala seuatu baik itu yang baik (kusala) maupun tindakan yang buruk (akusala). Pada kesempatan yang bahagia ini Buddhis Media akan membahas lebih dalam mengenai hal yang buruk.  3 macam kelakuan buruk (duccarita) dalam Agama Buddha meliputi kaya duccaritta, vaci duccaritta dan mano duccaritta.

1. Kaya Duccaritta

Kaya duccaritta merupakan perbuatan buruk melalui badan jasmani. Ada tiga macam perbuatan buruk yang dapat dilakukan melalui badan jasmani yaitu: membunuh (panatipata), mengambil barang yang tidak diberikan (adinnadana), dan perbuatan asusila (kamesumicchacara).

2. Vaci Duccaritta

Vaci duccaritta merupakan perbuatan buruk yang dilakukan melalui ucapan. Ada empat hal yang dapat golongkan perbuatan buruk melalui ucapan yaitu berbohong (musavada), menfitnah (pisunavaca), berkata-kata kasar (pharusavaca), dan omong kosong (samphappalapa).

3. Mano Duccaritta

Mano duccarita merupakan perbuatan buruk melalui pikiran. Ada tiga hal yang dapat kelompokan kedalam perbuatan buruk melalui pikiran yaitu: keserakahan (abhijja), kemauan jahat (byapada), dan pandangan salah (micchaditthi).


Demikianlah materi Dhamma seputar 3 Macam Perbuatan Buruk (Duccarita) dalam Agama Buddha. Semoga memberi manfaat yang baik.
Sadhu....

0 Response to "3 Macam Perbuatan Buruk (Duccarita) dalam Agama Buddha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel