5 Manfaat Mendengarkan Dhamma

5 Manfaat Mendengarkan Dhamma
5 Manfaat Mendengarkan Dhamma

Artikel Buddhis. Menyatakan berlindung kepada Sang Tiratana lantas bukan seperti kita memiliki identitas semata atau semacam kartu  member berbelanja yang memudahkan kita untuk mendapatkan suatu barang. Memiliki kartu member belanja hendaknya kita senantiasa selalu mengingat untuk mengisi ulang kembali (Top up) agar kita memiliki tabungan sebagai alat belanja di kemudian hari.

Sebagai umat Buddha belajar Dhamma merupakan suatu hal yang seharusnya kita lakukan setiap saat. Belajar Dhamma tidak seperti layaknya anak-anak sekolah yang senantiasa ada raport akhir semester yang dapat kita lihat dengan seksama angka-angka yang kita peroleh. Berbicara soal nilai bukanlah tolak ukur yang kita terima dari berbagai pendapat serta pandangan dari luar. Lebih dari semua itu, belajar Dhamma lebih kearah pribadi masing-masing umat Buddha itu sendiri. Perkembangan apa yang telah saya lakukan dari waktu ke waktu?

Belajar Dhamma dengan cara mendengar merupakan salah satu langkah yang tepat. Mendengar Dhamma di vihara diawali dengan melaksanakan puja bakti bersama dapat kita lakukan setiap hari namun bukan berarti mendengar Dhamma hanya di dapat kita lakukan di vihara semata. Sang Buddha pernah bersabda dalam Mangala Sutta sebagai berikut:
"Kalena Dhammasavanam, Etammangalamuttamam" 
“Mendengarkan Dhamma pada saat yang sesuai adalah berkah utama”
Saat yang sesuai disini artinya dilandasi dengan niat yang baik sebelum, sesaat dan setelah mendengar Dhamma. Sang Buddha telah berkhotbah dalam Angutara Nikhaya III, 2482, Sang Buddha menjelaskan ada 5 manfaat mendengarkan Dhamma (Dhammasavananisamsa), yaitu:
1. Asuttam Sunati
Mendengarkan hal-hal yang belum pernah kita dengar atau ketahui dan mendapat pengetahuan Dhamma yang baru. penting sekali bagi kita untuk mempelajari dhamma, agar dapat mengetahui dan memberikan gambaran yang tepat tentang Buddha Dhamma dan menghindari persepsi-persepsi yang salah kepada saudara kita yang lain.

2. Sutam Pariyodapeti
Hal-hal yang pernah kita dengar,tapi belum jelas,dan kita dengar kembali,akan menjadi lebih jelas lagi.Janganlah kita pernah bosan untuk mempelajari Dhamma, karena Dhamma mengundang untuk dibuktikan (Ehipassiko).

3. Kankam Vihanati
Dengan mendengarkan dhamma, keragu-raguan kita kepada Sang Tiratana dapat hilang dan keyakinan dapat bertambah.

4. Ditthi Ujum Karoti
Mendengarkan Dhamma dapat membuat kita memiliki pengertian benar. Pengertian benar adalah hal pertama dari Jalan Mulia Beruas Delapan (Ariya Atthangika Magga).bagian dari Panna/Kebijaksanaan. Sebagai umat Buddha,kita diajarkan untuk memiliki pengertian benar (Samma Ditthi) dan bukan pengertian salah (Miccha Ditthi).

5. Cittamassa Pasidati
Dengan mendengarkan Dhamma, pikiran kita akan tenang dan bahagia. Di vihara, kita membacakan Paritta-Paritta Suci yang merupakan Dhamma yang pernah disampaikan oleh Sang Buddha, kemudian bermeditasi dan mendengarkan Dhamma, dapat membuat kegelisahan batin berkurang, dan berganti dengan ketenangan dan kebahagiaan.
Sang Budddha juga mengingatkan bahwa seseorang haruslah penuh perhatian untuk dapat memahami Dhamma karena banyak sekali orang yang tidak dapat menjalankan hal ini.

Setelah kita mendengarkan atau mempelajari Dhamma (Pariyatti Dhamma), yang hendaknya dilakukan adalah mempraktikkannya (Patipatti Dhamma) sesuai dengan teori yang didapat. Jika kita hanya mampu menguasai Dhamma (teori), tetapi tidak pernah mempraktikkannya maka manfaat Dhamma akan menjadi sangat kecil dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Tahap selanjutnya adalah: penting sekali penguasaan dari teori-teori itu untuk dipraktikkan (Patipatti Dhamma). Setelah dua hal ini kita laksanakan, maka manfaat Dhamma, yaitu lenyapnya nafsu, tercapainya kedamaian dan kebahagiaan tertinggi Nibbana dapat terealisasi (Pativedha Dhamma).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Manfaat Mendengarkan Dhamma"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel