Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Ikrar Agung Bhaisajyaguru Buddha || Mantra Hati Bhaisajyaguru Buddha || Mantra Buddha Untuk Kesembuhan

[www.buddhismedia.blogspot.com] 12 Ikrar Agung Bhaisajyaguru Buddha  Mantra Hati Bhaisajyaguru Buddha  Mantra Buddha Untuk Kesembuhan
Ilustrasi: Buddhis Media

12 Ikrar Agung Bhaisajyaguru Buddha || Mantra Hati Bhaisajyaguru Buddha || Mantra Buddha Untuk Kesembuhan

Buddhis Media. Bhaiṣajyaguru dijelaskan dalam eponim Sūtra Bhaiṣajya-guru-vaiḍūrya-prabhā-rāja, umumnya disebut Sutra Buddha Pengobatan, sebagai seorang bodhisattva yang membuat 12 ikrar agung. Dalam mencapai Kebuddhaan, dia menjadi Buddha dari tanah murni timur di Vaiḍūryanirbhāsa "Lapis Lazuli Murni". Di sana, dia didampingi oleh dua bodhisattva yang masing-masing melambangkan cahaya matahari dan cahaya bulan.

12 Ikrar Agung Bodhisattva Bhaisajyaguru

Dua Belas Ikrar Agung Buddha Pengobatan setelah mencapai Pencerahan, menurut Sutra Buddha Pengobatan adalah:
  1. Saya berikrar bahwa tubuh saya akan bersinar sebagai sinar terang cemerlang di dunia yang tak terhitung dan tak terbatas ini, melimpahi semua makhluk, menyingkirkan ketidaktahuan, dan kekhawatiran mereka dengan ajaran-ajaran saya. Semoga semua makhluk menjadi seperti saya, dengan status dan karakter sempurna, pikiran dan jiwa tulus, dan akhirnya mencapai pencerahan seperti Buddha.
  2. Saya berikrar bahwa tubuh saya seperti sinar kristal yang murni dan tanpa cela yang memancarkan cahaya indah ke setiap sudut, menerangi dan mencerahkan semua makhluk dengan kebijaksanaan. Dengan berkah kasih sayang, semoga semua makhluk memperkuat kekuatan spiritual dan energi fisik mereka, sehingga mereka bisa mewujudkan impian mereka di jalur yang benar.
  3. Saya berikrar bahwa saya akan memberikan dengan cara kebijaksanaan tanpa batas, semua makhluk dengan hal-hal yang tak habis-habisnya yang mereka butuhkan, dan membebaskan mereka dari segala rasa sakit dan rasa bersalah yang diakibatkan oleh keinginan materialistis. Meskipun pakaian, makanan, akomodasi, dan transportasi sangat penting, namun harus digunakan dengan bijak juga. Selain dikonsumsi sendiri, sisanya harus dengan murah hati dibagikan bersama masyarakat sehingga semua bisa hidup bersama secara harmonis.
  4. Saya berikrar untuk memimpin orang-orang yang telah tersesat kembali ke jalan kebenaran. Biarkan mereka memperbaiki diri dan kembali ke jalan Buddha untuk pencerahan.
  5. Saya berikrar bahwa saya akan memungkinkan semua makhluk untuk mematuhi sila-sila bagi kemurnian spiritual dan perilaku moral. Jika ada pengulangan kesalahan atau pelanggaran, mereka harus dibimbing untuk pertobatan. Asalkan mereka benar-benar menyesali perbuatan salah mereka, dan berikrar untuk berubah dengan doa yang terus-menerus dan keyakinan yang kuat kepada Buddha, mereka dapat menerima sinar pengampunan, memulihkan moral dan kemurnian mereka yang hilang.
  6. Saya berikrar bahwa semua makhluk yang memiliki disabilitas fisik atau sakit dalam segala aspek diberkahi dengan kesehatan yang baik, baik secara fisik maupun mental. Semua yang memberi hormat kepada Buddha dengan teguh akan diberkati.
  7. Saya berikrar untuk meringankan semua rasa sakit dan kemiskinan dari yang sangat sakit dan miskin. Orang sakit disembuhkan, orang yang tak berdaya dibantu, orang miskin dibantu.
  8. Saya berikrar untuk membantu perempuan yang sedang mengalami penderitaan dan penyiksaan dan ingin dilahirkan kembali menjadi pria. Dengan mendengar nama saya, memberi penghormatan dan doa, keinginan mereka akan dikabulkan dan akhirnya mencapai Kebuddhaan.
  9. Saya berikrar untuk membebaskan semua makhluk dari pikiran jahat dan kendalinya. Saya akan menuntun mereka ke jalan terang melalui penanaman kebenaran dan kemurnian pada mereka sehingga mereka akan berjalan sesuai dengan Buddha.
  10. Saya berikrar untuk menyelamatkan para tahanan yang telah benar-benar bertobat dan korban bencana alam. Mereka yang tulus akan diberkahi oleh kekuatan agung saya dan terbebas dari penderitaan.
  11. Saya berikrar untuk menyelamatkan mereka yang menderita kelaparan dan mereka yang melakukan kejahatan untuk mendapatkan makanan. Jika mereka mendengar nama saya dan dengan teguh menghargainya, saya akan menuntun mereka pada manfaat Dharma dan memberi mereka makanan terbaik dan akhirnya menjalani hidup yang tenang dan bahagia.
  12. Saya berikrar untuk menyelamatkan mereka yang menderita kemiskinan, tersiksa oleh nyamuk dan tawon siang dan malam. Jika mereka menemukan nama saya, menghargai dengan tulus dan berlatih dharma untuk memperkuat kebajikan mereka, mereka akan bisa mencapai keinginan mereka.
Demikianlah Mantra Hati Bhaisajyaguru Buddha. Semoga memberi manfaat.

Sumber:
https://id.wikipedia.org

IKUTI BERITA & ARTIKEL BUDDHIS LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Posting Komentar untuk "12 Ikrar Agung Bhaisajyaguru Buddha || Mantra Hati Bhaisajyaguru Buddha || Mantra Buddha Untuk Kesembuhan"